Skip to content

Adakan MPLS, SMK NU DARUSSALAM Srono Gandeng Pihak TNI-POLRI Dan PUSKESMAS

  • smknu 

Smknudarussalam.sch.id, SMK NU DARUSSALAM di Kecamatan Srono menggandeng anggota TNI – POLRI dan PUSKESMAS dalam kegiatan pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

SMK NU Darussalam Srono  menggandeng sejumlah anggota  TNI – POLRI dan PUSKESMAS dari Koramil Srono , Polsek Srono dan Puskesmas Wonosobo dalam upaya memberikan materi pelatihan kedisplinan dan pelatihan baris berbaris (PBB), Penyuluhan Kesehatan serta Edukasi NAPZA dan Narkotika

Kepala SMK NU Darussalam Srono   M. Anwar shodiq, S.Pd. mengatakan kegiatan MPLS sudah berlangsung di lingkungan sekolah dilakukan sejak Senin (18/7) lalu.

Untuk hari ketiga, sekolah yang berada di Kelurahan Rejoagung tersebut anggota TNI untuk melatih baris berbaris siswa yang di selenggarakan di Lapangan SMK NU Darussalam Srono  

“Daripada menggelar kegiatan berbau bullying atau perpeloncoan, lebih baik kami menggelar kegiatan seperti ini,” tuturnya.

Dia menegaskan, dalam kegiatan MPLS kali ini siswa baru tidak dipusingkan dengan pemakaian atribut yang macam-macam dan budaya itu sudah dihilangkan di lingkungan Kepala SMK NU Darussalam Srono .

 

Hal ini sudah menjadi tradisi, dimana dalam setiap pelaksanaan MPLS pihak sekolah menggandeng TNI , kepolisian dan Puskesmas setempat.

“Dua tahun kita masa pandemi dan selama pandemi MPLS dilakukan daring, namun untuk tahun ini sekolah kita melakukannya tatap muka,”katanya.

Tampaknya siswa baru senang mengikuti MPLS karena selama ini mereka belajar secara online atau daring.

Menurutnya, melalui kegiatan baris berbaris bisa memberikan pengalaman baru terhadap siswa, karena mereka mendapatkan pembinaan langsung dari TNI yang memang dilibatkan dalam kegiatan pembinaan mentalnya.

“Dalam kegiatan MPLS kali ini, ada beberapa macam materi yang disampaikan. Beberapa diantaranya adalah wiyata mandala, sosialisasi jurusan dan tak luput juga materi karakter bangsa dan bela negara,” katanya.

MPLS ini kita dorong untuk pembinaan kesiswaan dengan cara memaksimalkan sistem kepelatihan yang mengarah pada mentalitas generasi muda agar tidak lemah akan tetapi kuat bersaing.

Sementara itu perwakilan dari Koramil menyampaikan

bahwa “kegiatan MPLS dengan materi yang diberikan meliputi disiplin, kepemimpinan, PBB dan wawasan kebangsaan.

Untuk materi PBB yang diajarkan adalah PBB dasar baik ditempat maupun berjalan serta beberapa materi tentang pendidikan wawasan kebangsaan, sebagai upaya membentuk karakter kedisiplinan, membangkitkan rasa patriotisme, bela negara dan cinta tanah air dikalangan siswa-siswi, “katanya.

Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dimaksudkan agar siswa didik baru dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah.

 

“Bekerjasama dengan pihak TNI memang sengaja dilakukan, untuk meningkatkan semangat serta disiplin siswa dan siswi baru. Kegiatan MPLS ini merupakan bagian dari pembangunan karakter,”katanya.

Sebagai upaya dalam menciptakan generasi muda yang disiplin, berkarakter serta berwawasan kebangsaan yang baik.